Keutamaan Bersikap Jujur

Ajaran Islam tentang Kejujuran Jujur artinya sikap lurus hati, tidak curang, tulus dan ikhlas. Orang yang jujur selalu berbicara atau berkata apa adanya, tidak menambah atau mengurangi, tidak mamanipulasi fakta, serta bersikap obyektif. Jujur adalah mengatakan sesuatu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Jujur termasuk akhlak terpuji, yaitu sikap dan perbuatan yang benar, baik perkataan dan perbuatan, sesuai dengan kata hati yang sesungguhnya.
Allah  berfirman: “Ini adl sesuatu hari yg bermanfaat bagi orang-orang yg benar kebenaran mereka. Bagi mereka surga yg dibawahnya mengalir sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama- lamanya; Allah ridha terhadapNya. Itulah keberuntungan yg paling besar“. (Q.S. Al Maidah : 119)
2. Hadist Nabi :
ﻋَﻦْ ﺍﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ  ﻋَﻦْ ﺍﻟﻨﺒﻲ  ﻗﺎﻝ: ) ﺇﻥ
ﺍﻟﺼﺪﻕ ﻳﻬﺪﻱ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺒﺮ ﻭﺇﻥ ﺍﻟﺒﺮ ﻳﻬﺪﻱ
ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺠﻨﺔ؛ ﻭﺇﻥ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻟﻴﺼﺪﻕ ﺣﺘﻰ
ﻳﻜﺘﺐ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠَّﻪ ﺻﺪﻳﻘﺎ، ﻭﺇﻥ ﺍﻟﻜﺬﺏ
ﻳﻬﺪﻱ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﻔﺠﻮﺭ ﻭﺇﻥ ﺍﻟﻔﺠﻮﺭ ﻳﻬﺪﻱ ﺇِﻟَﻰ
ﺍﻟﻨﺎﺭ؛ ﻭﺇﻥ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻟﻴﻜﺬﺏ ﺣﺘﻰ ﻳﻜﺘﺐ
ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠَّﻪ ﻛﺬﺍﺑﺎ( ﻣُﺘَّﻔّﻖٌ ﻋَﻠَﻴْﻪِ .
Dari Ibnu Mas`ud , dari Nabi , ia bersabda: “Sesungguhnya kebenaran mengantarkan kepada kebaikan, &; kebaikan mengantarkan kepada syurga, &; sungguh seorang laki-laki yg selalu benar hingga Allah menulisnya dalam kelompok shiddiqien, & sesungguhnya dusta mengantarkan kepada kejahatan, & kejahatan mengantarkan ke neraka, & sungguh seorang laki-laki yg selalu berdusta hingga Allah menuliskannya dalam kelompok para pendusta.” H.R. Muslim. [diriwayatkan oleh Muslim no hadist: 2607.]

Peranan Kejujuran dalam kehidupan Jujur adalah modal dasar untuk bisa di percaya. Jika selalu berperilaku jujur, niscaya semua akan percaya kepada kita. Dengan adanya kepercayaan orang lain kepada kita, hidup kita akan menjadi mudah. Sebab orang bisa hidup dengan baik jika ia bisa bergaul dan mengembangkan pergaulan dengan baik. Syarat mutlaknya adalah saling percaya. Saling percaya akan tercipta jika setiap individu berperilaku jujur.
Jujur termasuk salah satu akhlak Mahmudah (terpuji). Kejujuran memiliki peranan penting dalam kehidupan. Di antara peranan kejujuran dalam kehidupan adalah sebagai berikut.
1. Akan memudahkan seseorang mengadakan hubungan dengan orang lain.
2. Akan memudahkan seseorang memperoleh kepercayaan dari orang lain.
3. Dapat menjauhi kebohongan dan dusta.
4. Akan condong kepada yang benar dalam semua urusan.
5. Tidak ada prasangka buruk satui dengan yang lain dalam hidup bermasyarakat. Rasulullah saw bersabda: ”Jauhilah prasangka, sesungguhnya prasangka itu adalah sebohong-bohong pembicaraan.” (H.R. Muslim)
6. Semua yang di kerjakan tidak ada keraguan di dalamnya. Rasulullah saw bersabda: ”Tinggalkanlah apa yang meragukanmu sampai kamu tidak ragu-ragu, sesungghnya kejujuran itu membawa ketenangan dan kebohongan menimbulkan kegelisahan.” (H.R. Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Jibban).
Maka tanamkanlah sikap jujur dalam kehidupan kita sesungguhnya hanya orang yang jujur sajalah yang mendapatkan surga-Nya Allah swt.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: