Istighfar.

assalamu’alaikum

ini adalah kategori baru di blog hasbyduryea. dalam kategori ini akan berisi catatan mengenai bagaimana seharusnya kita berperilaku. Renungan-renungan mendalam dan berarti. Yang insya Allah bersumber dari alQur’an, hadis nabi, atsar sahabat dan sumber lain yang mudah2an tetap dalam koridor Islam.

Abu Musa berkata, “Kita memiliki 2 perkara yg menjamin kemamanan kita, & telah pergi salah satu dari keduanya, yaitu keberadaan Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam di tengah- tengah kita & tinggallah istighfar masih bersama kita, maka jika dia pergi binasalah kita ini”.

Sungguh, celakalah kita yang lalai, kita yang lengah, kita yang sombong. Dan lebih celaka lagi adalah orang yg tidak memohon ampun pada Allah SWT. Maka marilah kita beristighfar, memohon ampun kepada-Nya. dan marilah kita berdoa semoga Dia berkenan mengampuni dosa-dosa kita. Maha suci Allah yang maha pengampun lagi maha penyayang.

Dan ucapan istighfar yg paling afdhol adalah bacaan istighfar yg diriwayatkanoleh Al-Bukhari di dalam kitabshahihnya dari Syaddad bin Aus berkata, “Penghulu istighfar itu adl seorang hamba mengucapkan:
ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺭَﺑِّﻲْ ﻻَ ﺇِﻟَـﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ، ﺧَﻠَﻘْﺘَﻨِﻲْ
ﻭَﺃَﻧَﺎ ﻋَﺒْﺪُﻙَ، ﻭَﺃَﻧَﺎ ﻋَﻠَﻰ ﻋَﻬْﺪِﻙَ ﻭَﻭَﻋْﺪِﻙَ ﻣَﺎ
ﺍﺳْﺘَﻄَﻌْﺖُ، ﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّ ﻣَﺎ ﺻَﻨَﻌْﺖُ،
ﺃَﺑُﻮْﺀُ ﻟَﻚَ ﺑِﻨِﻌْﻤَﺘِﻚَ ﻋَﻠَﻲَّ، ﻭَﺃَﺑُﻮْﺀُ ﺑِﺬَﻧْﺒِﻲْ
ﻓَﺎﻏْﻔِﺮْ ﻟِﻲْ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻻَ ﻳَﻐْﻔِﺮُ ﺍﻟﺬُّﻧُﻮْﺏَ ﺇِﻻَّ
ﺃَﻧْﺖَ.
“Ya Allah! Engkau adl Tuhanku, tdk ada Tuhan yg berhak disembah kecuali Engkau, Engkau-lah yg mencip-takan aku. Aku adl hamba -Mu. Aku akan setia pd perjanjianku dgn -Mu semampuku. Aku berlindung kpd -Mu dari kejelekan yg kuperbuat. Aku mengakui nikmat -Mu kepadaku & aku mengakui dosaku, oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yg mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Barangsiapa yg membacanya pd waktu siang dgn penuh keyakinan lalu dia meninggal pd siang hari itu sebelum memasuki waktu sore maka dia termasuk penghuni surga, & barangsiapa yg membacanya pd waktu malam dgn penuh keyakinan & dirinya meninggal sebelum memasuki waktu pagi maka dia termasuk penghuni surga”.

wassalamu’alaikum.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: