Tizen, Harapan Baru OS Perangkat Bergerak Yang Stabil


Tizen merupakan standar platform software berbasis open source yang didukung oleh operator seluler terkemuka, produsen perangkat (hardware/OEM), dan pemasok silikon untuk beberapa kategori perangkat, termasuk smartphone, tablet, netbook, perangkat infotainment di dalam kendaraan (in-vehicle infotainment devices), Smart TV, dan banyak lagi. Tizen akan menawarkan sistem operasi yang inovatif, aplikasi, dan pengalaman pengguna yang konsumen dapat menggunakannya dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Sebagai platform open source, Tizen didasarkan pada sistem operasi Linux yang didukung oleh Linux Foundation dan diwakili oleh Tizen Association dalam industri. Tizen lahir dari OS Samsung Linux platform (SLP). Sistem operasi ini menggabungkan sejumlah modul seperti manajemen jaringan dari proyek MeeGo, kombinasi dari sistem operasi mobile Moblin, yang diciptakan oleh Intel, dan Maemo, yang diciptakan oleh Nokia. Pengembangan Tizen dipimpin oleh perusahaan yang berkumpul di sekitar Tizen Association, saat ini Samsung dan Intel.

Proyek Tizen akan berada dalam Linux Foundation dan akan diatur oleh Kelompok Pengarah Teknis (Technical Steering Group). Kelompok ini adalah badan pengambilan keputusan utama untuk proyek open source, dengan fokus pada pengembangan platform dan pengiriman, bersama dengan pembentukan kelompok kerja untuk mendukung perangkat secara vertikal.

Tizen akan menyediakan lingkungan yang kuat dan fleksibel untuk pengembang aplikasi, berdasarkan HTML5 dan Wholesale Applications Community (WAC). Dengan kapabilitas HTML5 yang kuat dan fleksibilitas lintas platform, Tizen diharapkan akan cepat menjadi lingkungan pengembangan yang lebih disukai untuk aplikasi dan layanan mobile. Tizen SDK dan API akan memungkinkan para pengembang untuk menggunakan HTML5 dan teknologi web terkait untuk membuat aplikasi yang bisa berjalan di beberapa segmen perangkat sekaligus, termasuk smartphone, tablet, Smart TV, perangkat infotainment dalam kendaraan, dan netbook.

facebook page : https://www.facebook.com/tizenindonesia
Blog : http://tizenindonesia.blogspot.com/

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: