Meltemi : Kejutan Kecil Dari Nokia

Tak mau kalah dengan Samsung dan Intel yang dikabarkan tengah mempersiapkan OS terbaru mereka bernama Tizen, Nokia juga berencana menciptakan Sistim Operasi baru yang dikhususkan untuk perangkat S40 dan S30 di kelas low end bernama Meltemi seperti yang diungkapkan oleh Stephen Elop, CEO dari Nokia yang mengatakan bahwa pihaknya sedang mengembangkan OS mobile baru untuk ponsel S40 dan S30 yang berbasis Java.

Kita ketahui bahwa varian ponsel ini merupakan seri ponsel kelas bawah milik Nokia. Sekarang diketahui bahwa Nokia sedang mengembangkan OS yang bernama Meltemi, merupakan OS yang berbasiskan Linux. Hal ini merupakan langkah yang harus diambil Nokia mengingat pihaknya sudah menguburkan ambisinya untuk mengembangkan OS kelas atas (MeeGo dan Symbian).

Diketahui juga bahwa Meltemi akan menjadi OS yang mendukung dan memiliki UI dengan layar sentuh. Walaupun ini masih hanya rumor, setidaknya kita semua menginginkan ponsel kelas bawah macam S40 bisa memiliki layar sentuh bukan? Tentunya akan berbeda dengan ponsel layar sentuh kelas bawah milik kompetitor yang memiliki karakteristik sendiri.

Segmen feature phone Nokia sepertinya bakal beralih dari S40. Kabar terbaru menyebutkan jika vendor asal Finlandia ini tengah menyiapkan sistem operasi bernama Meltemi untuk dibenamkan di deretan ponsel murahnya.

Meltemi sendiri disebutkan sebagai platform perangkat lunak berbasis Linux. Ia digadang-gadang bakal menghadirkan pengalaman ala smartphone di ponsel dengan dana terbatas.

Nokia memang belum memperkenalkan secara resmi Meltemi. Namun kabar yang berhembus mengungkap bahwa user interface OS ini akan mirip-mirip dengan Maemo, OS Linux yang juga pernah digunakan di Nokia N900.

Dilansir SlashGear dan dikutip detikINET, Senin (12/3/2012), Smart Device Chief Nokia, Ilari Nurmi menyatakan bahwa pihaknya kini tengah berusaha untuk menciptakan perangkat yang kompetitif untuk dapat bersaing dengan ponsel murah Android.

Dengan kehadiran Meltemi, jadi mungkin saja ponsel murah Nokia akan ‘mengepung’ deretan Android yang bermain di kelas menengah ke bawah. Sebab tidak cuma mengandalkan Meltemi, Nokia juga masih bisa mengandalkan ponsel Windows mereka.

Lalu kapan ponsel dengan OS Meltemi bakal keluar? Untuk yang satu ini masih belum bisa dipastikan, namun yang paling santer diberitakan adalah pada ajang Nokia World 2012 di akhir September mendatang.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: