Mengenal Power Supply

Image

Komputer (PC) memiliki komponen yang cukup banyak. Salah satunya adalah Power Supply. Sesuai dengan namanya, Power supply unit (PSU) berfungsi untuk memasok daya ke komponen lain pada PC. Semua komponen PC (selain power supply) akan memperoleh pasokan daya dari power supply tersebut. Spesifikasi yang sering dicantumkan adalah daya maksimum total dan daya maksimum masing-masing tegangan (bisa juga arus maksimum). Nilai-nilai ini sebaiknya dicermati. Adapun tegangan yang umum disediakan oleh power supply adalah +3,3V, +5V, +12V, -5V, -12V, dan +5VSB (Standby).

Jenis Power Supply
Dahulu jenis power supply yang sering digunakan adalah model AT. Pada model ini, kita harus menekan tombol ON/OFF pada CPU jika ingin mematikan komputer. Tapi saat ini, jenis power supply yang banyak digunakan adalah ATX karena model ini memberikan kemudahan mematikan CPU tanpa harus menekan tombol ON/OFF pada CPU, cukup dengan mengklik Shutdown. Sebaiknya komputer (PC) digunakan ditempat yang dingin/ber-AC dan tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini agar komputer kita tidak cepat panas. PSU juga membantu agar computer tidak cepat panas karena salah satu komponen pada PSU adalah kipas/fan. Nah, permasalahannya adalah seringkali PSU tidak dirawat dengan baik sehingga sering masuk debu dan kotoran lainnya. Dalam merakit PC yang ideal, biasanya kita mengedepankan beberapa hardware yang menurut kita paling penting, seperti halnya mainboard, procesor, memory, VGA. Apalagi Anda yang gemar otak-atik komputer untuk mendapatkan PC games yang terbaik atau bahkan melakukan overclocking. Sedangkan Power Supply (PSU) sering di-anak tirikan. Padahal, tanpa power supply yang baik, semua perangkat handal yang telah kita pilih tidak akan bisa bekerja dengan optimal. Jika power supply kurang baik, apa pengaruhnya bagi PC ? Beberapa pengaruh akibat ketidakmampuan PSU mensupply power bagi komponen PC yaitu : System tidak stabil, sering hang. Harddisk susah detek dan mudah rusak karena komponen ini paling peka. Kemampuan OC kurang. Panas procesor berlebih Mengurangi umur bahkan merusak perangkat CPU lainnya, terlebih jika ripple/noise tegangan PSU terlampau tinggi, sangat-sangat berbahaya bagi komponen PC kita.
PURE PSU Kita dapat memnentukan jenis PSU yang dapat kita gunakan, bergantung pada banyak jenis komponen dan kebiasaan yang kita lakukan pada power supply. PSU true power memilki efisiensi yang tinggi hingga 85% lebih. Selain itu adanya beberapa pure PSU yang menggunakan dual rails (2 kanal +12v) pada +12v membantu dalam hal pendistribusian daya yang lebih efisien. Biasanya power supply true power ini memiliki fisik yang jauh lebih berat karena memliki komponen yang lebih baik dan banyak terutama trafo yang lebih besar juga disrtai heatsink/fan yang baik pula. Contoh pure power supply yang baik menurut saya diantaranya Seasonic, MusclePower, Acbel, FSP, Tagan, Aopen, Corsair. Merk-merk tersebut bahkan memiliki peak watt yang lebih besar dibandingkan dengan yang tertulis. Lebih baik Anda menginvestasikan power supply yang baik meskipun dengan harga sedkit lebih mahal, namun stabilitas dan keawetan komponen lebih terjaga. Jika sistem PC Anda merupakan kategori mainstream, dengan VGA SLI maka minimal 400 pure power adalah syarat minimal, rail +12v adalah diatas 18A atau 26A combined. Untuk Anda yag gemar Over Clocking, atau PC Anda adalah high/extreem dengan fasilitas 4 slot SLI, Quad CF maka lebih baik lagi daya PSU Anda diatas 550 watt dengan dual rail atau quad rail 36A keatas.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: